Berita

Lansia Siaga: Kedubes Thailand Ikut Serta dalam HUT GSR PTTEP Ke-9csr kesehatan

csr kesehatan Lansia Siaga: Kedubes Thailand Ikut Serta dalam HUT GSR PTTEP Ke-9
csr kesehatan Lansia Siaga: Kedubes Thailand Ikut Serta dalam HUT GSR PTTEP Ke-9
csr kesehatan Lansia Siaga: Kedubes Thailand Ikut Serta dalam HUT GSR PTTEP Ke-9
csr kesehatan Lansia Siaga: Kedubes Thailand Ikut Serta dalam HUT GSR PTTEP Ke-9
csr kesehatan Lansia Siaga: Kedubes Thailand Ikut Serta dalam HUT GSR PTTEP Ke-9
csr kesehatan Lansia Siaga: Kedubes Thailand Ikut Serta dalam HUT GSR PTTEP Ke-9

Lansia Siaga: Kedubes Thailand Ikut Serta dalam HUT GSR PTTEP Ke-9

18 Jul 2024


Jakarta - Gerai Sehat Rorotan (GSR) PTTEP memperingati miladnya yang ke-9. Klinik fasilitas kesehatan (Faskes) yang berlokasi di Jakarta Utara ini merupakan faskes yang berdiri berkat kerjasama antara Dompet Dhuafa (DD) dan PTT Exploration and Production Public Company Limited (PTTEP). Turut hadir pula dalam acara ini Duta Besar Thailand untuk Indonesia Mr. Prapan Disyatat. Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah Thailand untuk memperkuat kerjasama bilateral dengan Indonesia dalam kerangka ASEAN salah satunya melalui PTTEP, perusahaan migas Nasional Thailand.

Kerja sama antara DD dan PTTEP dimulai pada tahun 2014, keduanya memiliki kesamaan visi dan misi mengenai pentingnya membantu masyarakat kurang mampu yang sering mengalami kesulitan dalam mengakses fasilitas kesehatan yang baik. Oleh karena itu, keduanya berkolaborasi dengan mendirikan fasilitas kesehatan berkualitas di kawasan Rorotan, Jakarta Utara.

Sembilan tahun berlalu, kini faskes tersebut telah mengalami berbagai kemajuan yang signifikan, seperti dapat melayani pemeriksaan dengan menggunakan BPJS Kesehatan, dan bagi masyarakat miskin yang tidak terdaftar keanggotaan BPJS, GSR memberikan layanan kesehatannya secara cuma-cuma.

Pada milad GSR ke-9 yang jatuh pada Kamis (18/07/2024), DD dan PTTEP memperingatinya dengan memberikan perhatian khusus kepada lansia, dengan mengusung tema “Lansia Siaga” yang merupakan singkatan dari lanjut usia sehat jiwa raga. Hal ini sejalan pula dengan tujuan pada poin ke-3 Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu menciptakan kehidupan sehat dan sejahtera (good health and well-being).

Rangkaian kegiatan dalam acara Lansia Siaga diisi dengan pemeriksaan Kesehatan kepada ratusan lansia yang bermukim di sekitar klinik GSR. Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan dari Walikota Jakarta Utara, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, Kapolsek Cilincing, Danramil Cilincing, serta stakeholder lainnya turut menyaksikan rangkaian kegiatan tersebut. Selain itu Duta Besar Thailand untuk Indonesia dan Duta Besar Thailand untuk ASEAN, yang juga turut hadir memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar klinik GSR berupa paket bantuan obat-obatan, popok untuk lansia, dan multivitamin. Setidaknya sebanyak 150 lansia mengikuti rangkaian pemeriksaan kesehatan, mulai dari pemeriksaan berat badan, tekanan darah, hingga pemeriksaan lanjutan seperti kolesterol, asam urat dan gula darah.

Ahmad Juwaini, selaku Ketua Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa menyampaikan apresiasinya atas kegiatan yang dilakukan pada hari ini, "Kami memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada PTTEP, Kedubes Thailand, serta para stakeholder yang telah mendukung terselenggaranya acara Lansia Siaga ini. Semoga program baik ini dapat terus terlaksana dan menjangkau para lansia pra sejahtera di penjuru nusantara" ujarnya.

"Hari ini, menjadi hari yang membahagiakan bagi kami karena kontribusi kami untuk kesehatan warga di Rorotan masih berjalan sejak 9 tahun yang lalu hingga sekarang, semoga kedepannya kami dapat memberikan kontribusi yang berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia" ujar Grinchai Hattagam, General Manager PTTEP Indonesia. Diharapkan dengan hadirnya Klinik Kesehatan Gerai Sehat Rorotan (GSR) dapat memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat miskin untuk mendapatkan layanan kesehatan yang prima. Dompet Dhuafa dan PTTEP terus berkomitmen untuk peduli kepada mereka yang kurang beruntung.

Berbagi :
News Lainnya
Peta Situs