Berita

PTTEP Indonesia Bersama Julie Laiskodat Memberikan Bantuan Pengeboran Sumur Air di Adonara Timurcsr kesehatan

csr kesehatan PTTEP Indonesia Bersama Julie Laiskodat Memberikan Bantuan Pengeboran Sumur Air di Adonara Timur
csr kesehatan PTTEP Indonesia Bersama Julie Laiskodat Memberikan Bantuan Pengeboran Sumur Air di Adonara Timur
csr kesehatan PTTEP Indonesia Bersama Julie Laiskodat Memberikan Bantuan Pengeboran Sumur Air di Adonara Timur

PTTEP Indonesia Bersama Julie Laiskodat Memberikan Bantuan Pengeboran Sumur Air di Adonara Timur

18 Apr 2024


PTTEP Indonesia, perusahan minyak nasional Thailand mewujudkan komitmennya ikut mendukung pembangunan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Komitmen yang sudah berjalan selama ini adalah di sektor kesehatan dan penyediaan infrastruktur sumber daya air.

Khusus air bersih PTTEP Indonesia telah berhasil melakukan proyek tersebut di sejumlah wilayah di NTT seperti di Kabupaten Manggarai Timur, di desa Takaplager Kabupaten Sikka, di desa Ria-1 Kabupaten Ngada yang sudah terlebih dahulu diresmikan, dan di desa Ngara Kabupaten Ngada yang saat ini sedang dilakukan survey geolistrik.

Terbaru, komitmen PTTEP Indonesia itu kembali ditunjukkan dengan memberi perhatian membangun sumur bor untuk mendukung ketersediaan air bagi pengembangan masyarakat di Desa Lewobunga, Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur, NTT.

Program air bersih ini memasuki tahun keempat berkolaborasi dengan Anggota DPR RI Daerah Pemilihan I NTT, Julie Sutrisno Laiskodat, yang mempunyai visi yang sama untuk menghilangkan krisis air di NTT dan mempercepat agenda Pemerintah untuk mencapai SDGs nomor 6: air bersih dan sanitasi.

Dari survei resistivitas yang dilakukan pada bulan April 2023, Desa Lewobunga dikatakan mempunyai potensi airtanah yang cukup besar, terlihat dari data yang diperoleh hampir seluruh jalur mendeteksi keberadaan air.

"Hasil survei geolistrik menunjukkan bahwa lokasi survey di desa Lewobunga memiliki potensi lapisan air tanah yang cukup besar dikarenakan hampir semua lintasan pengujian geolistrik mendeteksi keberadaan air," kata Tim Teknis dari PT. Thalweg Nusantara, pada Kamis 18 April 2024.

Dirinya menambahkan kondisi tersebut sesuai dengan kondisi lahan Lewobunga yang masih mengandalkan sektor pertanian sebagai sektor unggulan untuk pengembangan ekonomi masyarakat.

Masyarakat desa Lewobunga belum bisa memanfaatkan lahan yang ada untuk menghasilkan sayur. Hal ini ditandai dengan keterbatasan air apalagi di musim kemarau.

Ketua kelompok Eson Dore, Boli, mengaku senang atas bantuan tersebut. Dirinya pun menyampaikan terima kasihnya kepada Julie Sutrisno Laiskodat bersama PTTEP Indonesia yang telah memberikan perhatian buat masyarakat di wilayah tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Julie Sutrisno Laiskodat dan PTTEP Indonesia, walaupun jauh mereka tetap mengingat kami yang berada di desa untuk membantu perekonomian kami. Kalau sayur-sayuran kami beli dan kami jual kembali, keuntungan kami tidak seberapa. Jadi mudah-mudahan dengan hadirnya sumur ini, kami bisa menanam sayuran sendiri sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan kami,” tutupnya penuh haru.

 

Berbagi :
News Lainnya
Peta Situs